Open House Melbourne University

Kemarin 5 maret 2013 tepatnya hari selasa jam 14.00 ada acara open house(OH) Melbourne Univ(MU) australia di hotel hilton bandung.

Sudah jauh-jauh hari registrasi ikut OH bahkan saya merekomendasikan informasi ini ke beberapa group dan teman yang sedang kuliah di ITB. “Sing penting wes ndaftar garek nunggu informasi ae nang email”, begitulah percakapan setelah mendaftar di web nya , search saja kawan future melbourne nanti pakdhe google bakal menjawab dengan deretan pilhan.

Sepertinya ga terlalu menarik ya kalau cerita sebelum hari H nya, baiklah-baiklah saya bisa tau pasti anda sudah tak sabar membaca cerita saya kan? hehe

Baiklah saya bisa memahami suara hati anda :). H-1 dapat notifikasi di email intinya mengingatkan untuk hadir di OH, dalam hati menyeletuk “weleh masak dari pertama daftar baru dikasih notifnya H-1 pasti udah banyak yang lupa kalau mereka daftar”. Tapi segera positif thingking, ini kan universitas bergengsi pasti bakal rame disana. Acara dimulai pukul 14.00-18.00 di informasi webnya karena ada seminar presentasi dari 8 tema berbeda, termasuk how life in australia, jurusannya, system etc.

Di email notif dikasih tau juga alamat lengkapnya hotel hilton yaitu di jalan cokroaminoto no 6. Perasaan pernah tau dech dimana hotel hilton, tapi waktu di inget lagi ternyata otak kiri bagian memori ga mau ngasih jawaban. Walhasil tanya lagi ke pakdhe google maps, padahal sudah lebih dari 5 tahun ngulik kota bandung haha tetap saja terkadang saya lupa lokasi. Ketik hotel hilton bandung lalu muncul mapnya di geser kesana kemari, diperbesar di geser lagi nah ketemu juga ternyata dekat dengan stasiun kereta api. Pokoknya berangkat dulu nanti kalau udah deket-deket sana baru “tutuk kentongan” peribahasa yang saya ambil dari ibu. Tutuk kentongan itu adalah tanya ke orang, jadi kemanapun pergi kita tak usah khawatir tersesat banyak orang yang bisa kita jadikan peta. ūüôā

Intinya akhirnya ketemu cuman lewat depan setasiun bandung lurus mentok belok kiri dikit itu hilton ada disebelah kanan, parkir motor ada di basement 2. Sampai di parkir naik lift, loh ternyata tombol angka 3 nya ga bisa dipencet, paling banter tombol L, loh kenapa ini apa karena saya yang naik tib-tiba lift jadi rusak. Ah udah naik aja nanti bisa nyambung lift lain kalau udah sampai di L. Sampai di L keluar lift, dasar polosnya semua tombol ke atas di pencet berharap pintu lift ada yang terbuka, tapi kacau tak ada satupun yang terbuka. Liat ke belakang ada tangga, oh mungkin naik tangga aja. Keluar area lift.. eh ketemu pintu utama ternyata eh ternyata kita di cek dulu disitu,, hehe dasar pantesan lift ga mau naik, semua pengunjung harus lewat bapak security dulu. Baru inget juga hotel hilton ini kan hotel berkelas tentu keamanannya beda.

Ternyata di dalam ada lift lagi, mencetlah tombol 3 akhirnya nyampe juga. Langsung menuju ke sebuah hall yang terpasang X-Banner Melbourne University. Saya kira semuanya orang bule, ternyata ada orang indonesia juga. Sebernarnya saya penasaran mau tau, tapi disimpen dulu sepertinya ga penting untuk tau. Di depan ruangan ada meja registrasi, kebetulan saya udah daftar online jadi langsung masuk aja cek kedatangan ada di dalam, di stabilo warna hijau tandanya kalau datang. Ternyata banyak juga yang daftar online, karena di meja ada sekitar 20 lembar A4 berisi nama peserta. Saya kira udah rame, eh ternyata cuman ada 20 kursi di tengah dan meja-meja berderat melingkar di pinggir ruangan. Loh apa yang salah, di meja itu duduklah bule-bule dan x-banner bertuliskan departemen di MU. Haha ternyata kita disuruh konsultasi, binggung mau nanya apa akhirnya duduk aja dulu sambil baca schedule yang dikasih panitia.

Tiba-tiba bule ngampirin saya (wah jangan ngajak ngomong ya) lupa namanya ms siapa, intinya menanyakan saya mau konsultasi kemana? dan tertarik dengan program apa? spontan saya jawab business, langsung ditunjukin mejanya. Karena binggung mau nanya apa, alesan saya ” i waiting my friend:)”, padahal temen saya kemungkinan kecil dia ga datang karna dipanggil mendadak sama pembimbing thesisnya di ITB.

Clungak-clunguk sepi banget akhirnya memutuskan untuk ketempat seminar aja, eh pas pintu keluar di cegat panitia. Diminta tanya-tanya dulu seminarnya belum dimulai,, oh ya sudah akhirnya iseng2 nanya aja di bag Business and economics. Untungnya mbak bule yang jaga jadi lebih nyaman ngobrol, sekalian mau uji nyali dan english saya ni. Namanya Ms.Caitlin wright akhirnya kita ngobrol-ngobrol ternyata telinga dan mulut ini mau kerjasama jadi lancar no miss understanding. Lumayan ternyata english gue ga jelek-jelek banget lah, cuman ga terbiasa dipake aja. Habis ngobrol2 sama ms.caitlin dikasih dech dua buku ¬†graduate course guide and 2013 graduate prospectus. Duduk lagi ke kursi ditengah ruangan, ga jadi ke tempat seminar. Dalam hati..gile ternyata jadi ketagihan pengen ngomong sama bule hehe. Hmm teringat titipan temen untuk tanya science, ehm tapi ada tulisan engineering and it, cobah ah tanya-tanya. Akhirnya ke meja ms.Dillian buat iseng-iseng nanya, ternyata welcome banget jadi dech kita ngobrol banyak. Di tanya kapan rencana mau lanjut, saya bilang “this years ms” dikasih tau intakenya kapan aja dan deadlinenya. Setelah selesai penjelasan program Engineering management and Master of information system, awalnya ga tertarik dengan jurusan eh setelah tau course sesuai minat jadi tertarik. hehe godaan.oh godaan… Baru tau di sana master bisa diselesaikan dalam satu tahun, dalam hati emang berkualitas gitu lulusannya. Setelah dilihatin course nya and system education jadi mikir dua kali. Widih keren bener ini MU master bisa diselesain satu tahun and kita diperbolehkan ambil dua master secara bersamaan. Wah..wah.. semakin tergoda.. Berharap saya dikasih souvenir sebagai kenang-kenangan akhirnya saya ladeni juga pertanyaan ms.dillian akhirnya saya dikasih kartu sebesar kartu perdana yang bagian bawahnya ada chip. Saya ga terlalu jelas mendengarnya itu buat apaan saya terima aja sambil senyam-senyum.

Yes..yes.. yatta.. saya bilang dalam hati, dapat sesuatu barang yang bisa mendorong semangat untuk mengunjunginya suatu saat, selain itu juga dikasih  engineering&it course guide. Saat saya mau menuju ke tempat seminar, ternyata pengunjung yang datang sedikit banget. Sangat jauh dari dugaan saya bakal rame, soalnya saya pernah ikut pameran dari SUN di hotel daerah ciamplas lupa nama hotelnya, itu rame banget dan pesertanya antusias. Lah ini univ keren di australia tapi yang datang sedikit bener, apa kurang publikasi atau ga ada notifikasi jauh-jauh hari.

Mungkin kalau pantianya full orang indo sepertinya akan tergambar raut kecewa di wajah mereka karena pengunjungnya hanya sedikit, bahkan saat saya masuk ruang seminar hanya ada 5 orang itu termasuk saya. Baru 15 menit kemudian masuklah 4 orang lagi. Saya penasaran menebak suasana hati mereka, ternyata sama sekali tak saya temui ekspresi kecewa. Sepertinya presentator dari MU ini sudah memahami dengan tabiat orang indo makanya tak ada raut kecewa, atau memang mereka sudah terdidik dengan kebudayaan yang berjiwa besar.

Asli saya sangat senang karena mereka sangat ramah hehe, atau saya yang cupu ya karna jarang ketemu bule, jadi baru ketemu sekali exciting banget. Aha..apapun itu never mind..

Akhirnya saya duduk manis mengikuti seminar dari jam setengah tiga sampai jam 5.15 keluar setelah sesi presentasi engineering&IT, di sesi terakhir ini saya dapat hadiah lagi karena bisa menjawab pertanyaan dengan cepat. Mau tau apa hadiahnya? sebuah benda berbentuk segitiga disetiap ujunganya memiliki warna berbeda hijau, kuning dan pink. Di depannya ada logo MU dan tulisan The university of melbourne, other side ada tulisannya juga #1 for Engineering & IT. Ga tau sebenarnya itu buat apa ya saya masukkin tas saja. Kalau di indo normalnya S1 diselesein dalam 4 tahun tapi di negara kangguru ini normalnya selesai dalam 3 tahun, ga terlalu banya belajar tapi fokus. Bayangkan kawan dalam satu tahun hanya belajar 8 mata kuliah, kalau saya di IT Telkom saja dalam 4 tahun kuliah bisa ngambil 60 mata kuliah (bukan sks ya) itu pun sudah 3 mata kuliah yang saya buang. Jadi kalau di ITT setahun bisa ngambil sekitar 15 mata kuliah, bisa dibilang dua kali lipatnya. Inilah kawan sistem pendidikan di LN, mereka fokus jadi dalam mempelajari sesuatu sehingga ahli walaupun dalam usia muda.

 

Indonesia.oh Indonesia sebenarnya kau sadar bahwa sistem pendidikan di negaramu penuh dengan kecacatan,, tapi kenapa kau biarkan saja,, Ya aku tau banyak pihak yang tak ingin Indonesia bangkit, karena bisa berbahaya bagi mereka. Sebab Indonesai memiliki jutaan potensi, ibarat membangunkan macan yang tidur.

Benar-benar saya terkesan dengan OH kemarin, smua informasi yang saya inginkan terjawab juga.

Kebanyakan kemarin pesertanya berwajah chinese ¬†cuman saya dan beberapa orang yang asli wajah indo. ūüėÄ

Hmm australia ini harus masuk daftar list untuk di kunjungi. Terjadi dialog dalam diri saya sendiriPertanyaan adalah

M=”apakah saya memilih australia untuk melanjutkan study? negara yang menarik kan, deket juga dengan indo ”

H=”sebenarnya sepertiny enggak untuk tahun ini, ¬†karena saya sudah punya pilihan sendiri negara yang lainnya”

M=”loh kalau udah punya pilihan ngapain capek-capek ikut OH segala?”

H=”Ya membuka wawasan aja, nanti bisa cerita ke teman sebagai referensi mereka untuk milih kuliah, bisa buat cerita ke aji (keponakan baru kelas 6 sd) untu memompa motivasinya sekolah di LN, habisnya aji sangat exciting kalau saya mulai cerita tentang sekolah ke LN atau kalau ketemu bule, soalnya aji udah saya racuni virus sekolah ke LN dan virus itu sudah mulai menyebar hehe, rencananya nanti SMA aji mau lanjut ke jepang, makanya sekarang aji getol ngajak ngobrol pake inggris dengan saya”

M=”ehmm bener ni ga mau kesana tahun ini?”

H=”yap, aku sudah mantap dengan pilihan negaraku, mungkin ke australia dalam rangka yang lainnya”

Begitulah dialog perdebatan yang terjadi dalam diri saya, terkadang seseorang merasa yakin dengan pilihannya setelah mengetahui bahwa apa yang dilihat matanya belum tentu sebaik dengan pilihan dalam hatinya. Terkadang untuk yakin dengan sebuah pilihan harus mencari referensi yang bertolak belakang, untuk mengetahui bahwa ternyata pilihan kita itu yang terbaik untuk kita.

Setelah sampe kost baru dibuka lagi penasaran dengan dua barang tadi, ternyata eh ternyata yang kartu itu adalah falshdisk 2GB dan segita itu stabilo tiga warna. Wah berungtungnya saya…alhamdulillah..

Capek-capek ikut OH MU atu OH PCMI bukan berarti saya benar-benar mau ikut, kecuali PCMI bisa dipertimbangkan untuk ikut masih masuk syaratlah. Cuman untuk membuka wawasan, bahwa dunia ini luas dan banyak pelajaran yang sudah Allah siapkan, maka sangat rugilah kalau selama hidup didunia ini tak bisa mengumpulkan hikmah kehidupan yang sudah Allah letakan di belahan negara lain. Kalau bisa menebarkan kebaikan di tempat lainnya yang masih belum tersentuh dengan keindahan islam bukankah itu sangat menantang kawan ? ūüôā Bagaimana dengan pendapatmu, pasti setuju dengan pernyataan saya di atas?

*kamera lagi ga beres jadi barang-barang oleh2 OH kemarin lain kali insyaAllah saya post.

Sebenarnya ga niat mau nulis, karna lagi ngerjain sebuah marketing strategy. Rencananya mau rapat on line sambil nunggu teman install skype, buka wordpress tumben koneksinya lagi bersahabat sekalian saja kalau gitu posting.

Iklan

Keyakinanku Keyakinanmu

Sejenak menghirup udara segar… sudah begitu lama terpisahkan dengan wordpress, dimulai dari tragedi ¬†di block selama dua minggi. Ternya wordpress berganti tampilan dan menambah beberapa tools. Setelah bisa di akses ternyata tab “tulisan baru” hanya bisa di isi judul saja kotak teksnya tak bisa diotak-atik. Akhirnya cari alternatif lainnya untuk tetap bisa menuangkan isi kepala, mau tak mau buka akun baru di blog lainnya. Hehe jadi saya punya akun di semua blog tapi yang serius mau diurus cuman dua wordpress dan tumblr. Benar-benar tampilannya berbeda dan fiturnya juga berbeda, tapi keduanya saling melengkapi. Aha jadi cerita begini, melepas kerinduan dengan wordpress ūüôā

 

Dunia persilatan sedang dihebohkan dengan kasus penangkapan Ust.Lutfi Hasan Ishaq, begitu membuat PKS menjadi populer dalam waktu sekejab. Tentu ada berbagai respon dari masyarakat dan juga kader ataupun simpatisan, ada yang semakin yakin, ragu atau berbalik. Hmm mereka bersikap berbeda dengan input yang sama. Begitulah kawan hidup ini.

 

Walaupun inputnya sama orang akan memiliki sudut pandang yang berbeda, tapi ini hanyalah sebuah opini pribadi. Ibarat pohon semakin tinggi terpaan anginnya akan semakin kencang. Teringat pesan mentor bisnis ku, beliau pernah berkata “kalau kalian sampai pada titik dihina orang atau dicemooh orang dg apa yang kalian lakukan maka itu tandanya kalian akan menjadi orang besar yang siap mengguncangkan dunia. Coba di ingat-ingat ada ga orang yang melakukan perubahan besar tanpa melewati proses itu”. Hmm benar juga kalau difikir-fikir.

 

Orang kecil itu hanya sibuk mengurusi aib orang lain sedangkan orang besar itu sibuk bagaimana menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Kebenaran pasti terungkap, tetaplah bekerja dan hanya Allah lah motivasi kita. Maka seribu kasus LHI tak akan mengurangi keyakinan kita untuk terus bergerak bersama dalam kebaikan.

 

Opini pembuka setelah sekian lama tak berinteraksi dengan mas wordpress, ada satu kata-kata menarik yang menjadi penutup opini saya malam ini.

Segala kebenaran itu melalui tiga tahap.
Pertama, dicemooh.
Kedua, ditentang keras.
Ketiga, diterima karena telah terbukti kebenarannya

(Arthur Schopenhauer from book Awaken the giant within by Anthony Robbins)

Apapun opini anda tak ada yang melarang, tapi daripada sibuk beropini mari kita sibukkan melakukan perbaikan.

 

About Children

Hmm mendekati hari ibu tgl 22 desember, hehe bagi saya setiap hari adalah hari ibu. Postingan kali ini lebih bercerita tentang bagaimana seorang anak tumbuh, spesial untuk ibu-ibu muda yang sedang belajar atau untuk para wanita yang sedang mempersiapkan dirinya. Jadilah madrasah pertama yang benar-benar membuat anak-anak kita kelak tumbuh menjadi anak yang bermanfaat dan penuh prestasi.

 

Sudah lama ingin menuliskannya tapi buku “Renungan Qolbu” yang tebalnya sekitar 300 lebih halaman sedang tinggal di rumah orang,eh akhirnya nemu konten yang sama di buku berbeda. Mumpung lagi sempet dibagi sekalian, semoga pembaca bisa mengambil hikmahnya.

“Anak-Anak Belajar dari Lingkungannya”(Dorothy Law Nolte,Phd)

Jika anak tumbuh di lingkungan yang sering mengkritik, ia belajar untuk menyalahkan

Jika anak tumbuh di lingkungan yang penuh kekerasan, ia belajar untuk berkelahi

Jika anak tumbuh di lingkungan yang sering menakuti-nakuti,ia belajar untuk khawatir

Jika anak tumbuh dilingkungan yang penuh kesedihan, ia belaja runtuk mengasihani diri

Jika anak tumbuh di lingkungan yang penuh kecemburuan,ia belajar untuk memendam

Jika anak tumbuh di lingkungan yang sering mempermalukan, ia belajar menjadi pemalu

Jika anak tumbuh di lingkungan yang sering menyalahkan, ia dihantui rasa bersalah

Jika anak tumbuh dilingkungan yang memberi semangat, ia belajar percaya diri

Jika anak tumbuh di lingkungan penuh toleransi, ia belajar untuk bersabar

Jika anak tumbuh di lingkungan yang memberi pujian, ia belajar untuk menghargai

Jika anak tumbuh di lingkungan yang menerimanya apa adanya, ia belajar mencintai

Jika anak tumbuh di lingkungan yang memberi dukungan, ia belajar untuk menyenangi diri

Jika anak tumbuh di lingkungan yang memberikan penghargaan,ia belajar untuk memiliki tujuan dan cita-cita

Jika anak tumbuh di lingkungan yang suka berbagi, ia belajar untuk bermurah hati dan suka memberi

Jika anak tumbuh di lingkungan yg menjunjung tinggi kejujuran, ia belajar mencintai kebenaran

Jika anak tumbuh di lingkungan yang menghargai keadilan, ia belajar untuk bersikap adil

Jika anak tumbuh di lingkungan yang penuh rasa aman, ia belajar memiliki keyakinan dan berbaik sangka

Jika anak tumbuh di lingkungan yang bersahabat, ia belajar untuk merasa bahwa dunia ini indah dan hidup ini begitu berharga

—————————————-

Lingkungan seperti apa yang ingin anda bangun? bukan hanya untuk keluarga Anda, tapi lingkungan di sekitar Anda juga.

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

TENTANG ANAK (Kahlil Gibran)

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Anakmu bukanlah milikmu.Mereka adalah putra-putri kehidupan

Mereka terlahir melaluimu,tetapi bukan berasal darimu,karena itu merasa ada bersamamu tapi bukan milikmu

 

Engkau harus memberi mereka cintamu,

tetapi bukan pemikiranmu,karena

mereka punya pemikiran mereka sendiri

Engkau bisa memberikan rumah untuk tubuh mereka,

tetapi tidak untuk jiwanya. Karena jiwa mereka akan 

tinggal dirumah masa depan, yang tidak bisa

kau kunjungu, bahkan dalam mimpimu sekalipun

 

Engkau boleh mencoba meniru mereka,

tapi jangan memaksa mereka menirumu,

karena kehidupan tidak pernah berjalan

mundur, tidak pula terulang

 

Engkau adalah busur panah, yang darinya

anak-anakmu akan meluncur kedepan

 

Sang Pemanah menarikmu dengan 

keagungan-Nya agar anak panah bisa

melesat jauh menuju keabadian.

Zona Inspirasi dan Zona Motivasi

Beberapa bulan kebelakang ini saya mulai mempelajari dan mendalami yang namanya SEFT alias Spirirtual Emotional Freedom Technique. Walaupuan ada EFT, tapi selama saya menggunakan SEFT ternyata lebih efektif untuk membantu seseorang sembuh dari berbagai keluhannya.

SEFT adalah sebuah metode untuk membantu seseorang melepaskan emosi negatif dalam dirinya, karena emosi negatif sangat mempengaruhi kondisi kesehatan fisik dan jiwa. Jika seseorang sakit secara fisik maka sebenarnya kondisi emosinya yang perlu untuk diperbaiki karena manusia dibekalai Allah kemampuan self healling. Selain itu SEFT lebih menitik beratkan semua prosesnya kepada Allah.

Namun di sesi ini saya tidak akan menceritakan seperti apa itu SEFT, sesuai judulnya saya ingin share sebenarnya kita ini masih hidup di zona motivasi atau zona inspirasi, mari kita cek bersama-sama.

            The Root

    Motivation                                                    I                                      Inspiration

Center Of Life

Self Centered life                                                                           God Centered Life

—————————————————————————————–

Comes From

Desire  alias nafsu                                                                    Devine Love

                                                                                                     (kasih yang tulus)

—————————————————————————————–

Dominated By

Ego                                                                                          Conscience(hati nurani)

—————————————————————————————-

Drive By

Will Power                                                                                  Divine Calling

—————————————————————————————

Mind State

Focus on goals,appealed                                                  Focus on God,appealed

by profane reward                                                               by divine relation

————————————————————————————–

Jargons

Never give up, No pain no Gain                         Never go away,No God Non

Keep on fighting!!                                                      Sense, Just let it go!

————————————————————————————–

Training&Seminar

Motivation training,out loud                           Inspirational,Self discovery

&house music like seminar                                training,retreat like seminars

—————————————————————————————

Life Is

           A Career                                                                               A Mission

—————————————————————————————

Behavior ruled by

Profane pain&pleasure principle             Promordial&divine unity withGod

—————————————————————————————-

Credo

Life is endless struggle for                                        Life is LoGos jyfull,the rest

excitiment,the rest is  just detail                              is just detail

—————————————————————————————-

Good For

Instant Energy and Extasy                               Constant Succes&Happines

—————————————————————————————-

source: SEFT ‘Ahmad Faiz Zainudin’

Oke setelah sedikit berkenalan dengan SEFT, mari sobat kita bantu orang lain untuk mengeliminasi emosi negatifnya dan merasakan betapa dasyatnya kasih sayang Nya, Seft ini mudah dipelajari dan mudah digunakan oleh siapa saja.

Ga enak Lulus Kuliah

hmm mungkin aneh kali ya kedengerannya? bukannya setiap orang selalu berfikir bahwa lulus kuliah itu menyenangkan dan enak. Lagi-lagi punya pemikiran yang bertolak belakang dengan orang-orang seperti biasanya.Orang aneh memang langka di didunia ini ūüėÄ

Sudah hampir satu tahun ini saya lulus kuliah,tentu banyak waktu luang dan bisa dimanfaatkan untuk aktivitas apapun.Bisa aktivitas positif bisa juga aktivitas negatif,

Namun kerinduan akan kesibukan dunia perkuliahan selalu menyergap hati ini. Benar-benar rindu saat harus menyelesaikan tugas sampai dini hari,benar-benar rindu saat mengerjakan tugas kelompok harus berkelana dari kost satu ke kost lainnya atau berkelana dari satu industri ke industri lainnya,benar-benar rindu praktikum bergadang hanya untuk menyelesaikan laporan praktikum,benar-benar rindu dengan semua hiruk pikuk mahasiswa.

Tak bisa dipungkiri ternyata saya sangat menyukai dunia pendidikan, maka dari itu untuk mengobati semua rasa rindu akan dunia perkuliahan,maka saya putuskan untuk melanjutkan S2.Ingin sekali menjadi profesor, karena prof akhwat masih sangat minim. Menuntut jenjang pendidikan tinggi bagi seorang wanita itu wajib, bukan untuk merasa lebih tinggi dari pasangannya. Tapi karena wujud kesadarannya bhwa dirinya akan menjadi madrasah pertama anak-anaknya, jika seorang wanita memiliki wawasan yang luas tentu anak-anaknya akan tumbuh dengan sangat baik.

Melanjutkan kuliah S2 itulah obat kerinduanku dengan hiruk pikuk kehidupan kampus. Tentu tak sembarangan kampus ku pilih dan tentu tak sembarangan jurusan ku labuhkan. Tak seperti kebanyakan orang melanjutkan S2 karena gengsi,tapi aku punya value tersendiri. Sepertinya jiwa ini mencintai belajar dan terus belajar, jiwa ini akan tersiksa jika berhenti belajar.

Kampus yang kupilih adalah kampus yang aman untuk agamaku dan memiliki etika tentunya dinegara yang diridhoi Orang tuaku. Setlah sekian lama menunggu ridho mereka,akhirnya di izinkan juga,tapi bukan negara tujuan awal. Ya saya nurut saja, wajar jika ortu seperti itu karena saya seorang wanita lha apa hub nya? begini bro, dalam etika jawa tabu kalau seorang perempuan pergi terlalu jauh. Alahmdulillah ortu saya tak terlalu menganut itu, buktinya saya dibiarkan merantau ke kota kembang. Walaupun sering saya baca kekhawatiran mereka,”tenanglah mam Allah yang akan menjagaku, doakan mawon setiap waktu supodos dados tiyang sukses” itu mantra penenang yang saya ucapkan ke ibu.

Jurusan yang kupilih juga bukan asal-asalan, kupilih yang sesuai dengan warna S1 ku teknik industri ya kemungkinan yang nyambung S2 nya teknik industri, MBA,Manajemen, Ekonomi Islam, Bisnis Islam. Jurusan yang bau-baunya manajemen atau bisnis “gue banget lah itu” hehe.

So siapapun yang mau melanjutkan kuliah, temukanlah strong why? harus melanjutkan kuliah, and then strong why memilih kampus, and then strong why memilih jurusan and the last strong why memilih negara tujuan. Jika kita memiliki alasan yang kuat, maka kita akan jauh lebih produktif dan mampu bertahan dari gempuran yang ada.

Selamat berjuang bro/sist yang mempersiapkan diri melanjutkan kuliah semoga menjadi pribadi bermanfaat dan memberikan kontribusi untuk kemajuan dan kemakmuran di Indonesia

Memecat Karyawan

Sadis bener judulnya memecat karyawan, tapi apa mau dikata itulah makna sebenarnya, hehe. Saya rasa ada kata yang lebih indah diucapkan dari pada memecat yaitu “memberikan kesemapatan untuk berkarya lebih di tempat/bidang lainnya”.

 

Pengalaman saya memberhentikan beberapa karyawan terkadang menjadi dilema, tapi mau tak mau harus tegas dalam bersikap. Bagi para pelaku UKM terkadang terhambat dalam hal mengelola SDM yang ada, bagaimana tidak? karena mereka lebih banyak memperkerjakan kaum yang termarginalkan, kaum yang tingkat pendidikan rendah. Memang sangat menantang untuk mendidik mereka agar benar-benar keluar potensinya. Butuh kesabaran dan kebijaksanaan untuk mengarahkan, dan paling utama menumbuhkan rasa PD dalam diri mereka.

 

Kenapa PD penting, selama saya terjun mengurusi SDM kebanyakan kaum yang terpinggirkan ini menilai dirinya rendah, sehingga banyak potensinya tertimbun “saya cuman orang rendah mbak ya jadi hidup seadanya saja”, hmmm ini kata-kata yang paling sering saya temukan disaat berbincang dengan mereka. Terkadang pusing juga jika mereka membuat ulah, tapi semuanya itu saya anggap pembelajaran jadi tak ada yang sia-sia.

 

Kembali ke topik, begitu banyak pelaku UKM kesulitan mengatur SDM mereka, bahkan untuk bisnis yang lumayan besar. Woy jangan terpana dulu melihat bisnis yang banyak cabangnya, pengalaman yang saya rasakan semakin banyak cabang semakin banyak lagi keruwetan kalau sistemnya tidak dibuat kokoh. So Anda salah besar kalau menilai bisnis dari banyak sedikitnya cabang, yang paling penting buatlah bisnis anda benar-benar kokoh walaupun masih kecil. Karena bisnis yang kokoh ketika akan menggembangkan sayap mantap dalam melangkah dan kuat antivirusnya.

 

Untuk membangun SDM yang kuat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan

1. Letakkan orang yang bisa bersikap tegas, karena jika ada suatu pelanggaran dia bisa mengambil sikap bijaksana dan jelas tanpa keraguan. Biasanya orang seperti ini lebih disukai karyawan karena ketegasannya

2.Buatlah peraturan yang disepakati bersama, jika membuat secara sepihak biasanya akan menimbulkan resisten cukup tinggi. Setelah peraturan dibuat rasionalisasikan kenapa sampai muncul peraturan tersebut dan jelaskan apa manfaatnya bagi mereka. Karena terkadang mereka punya persepsi sendiri, agar persepsinya sama maka jelaskanlah sedeti-detilnya.

 

Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum akhirnya memberhentikan karyawan. Jika anda memiliki karyawan sing nggeyel, bandel dan tidak disiplin jangan semerta-merta langsung menjatuhkan hukuman atau sanksi. Walaupun kadang kita rada gemes melihatnya, silahkan lakukan beberapa ha berikut.

1. Siapapun tidak ada yang suka kalau memiliki kesalahan di tergur di depan umum, maka usahakan untuk menegurnya dan menanyakan ada apa sehingga dia bersikap seperti itu. Budayakan tabayun itulah bahasa kerennya, dengan seperti itu kita akan bisa mengambil keputusan secara bijaksana.

2. Jika kesalahan yang dilakukannya masih bisa ditolerir maka cukup motivasi dan tunjukan jalan/cara yang benar

3. Berikan reward atau punishment yang sesuai dengan kebutuhan

 

Jika memang karywan sudah tidak pantas lagi dipertahankan atau bekerja dengan kita, maka harus dihentikan. Lalau bagaimana caranya agar orang yang kita berhentikan tidak sakit hati? Lagi-lagi sebaiknya datanglah kerumhanya, ajak untuk ngobrol dengan segala hal dan ingatkan kembali dengan peraturan yang ada. Jika sudah sepakat maka sampaikanlah terimakasih atas kerja terbaiknya selama ini ini serta mohon maaflah jika dari manajemn ¬†ada kesalahan baik sengaja atau tidak. Diakhir pertemuan doakanlah dan katakan hub.silaturahim masih tetap berjalan. Teringat salah satu judul CD pat tung desem yang sala miliki “Bagaimana memecat orang yang tidak tepat dan yang dipecat berterimakasih”, wah mantap ini seandainya semua pelaku UKM bisa seperti ini maka rasa sakit hati setelah dipecat minim terjadi.

 

 

Gathering Family

Hari kamis 1 muharam saya bersama team dan keluarga jalan-jalan ke daerah garut, tepatnya kami mengunjungi puncak drajat berada lebih atas dari sabda Alam. Perjalanan dimulai jam 7 pagi dari bandung dan kami tiba sekitar puku 10.15 wib,  sempat berhenti karena dua penumpang mengalami mabuk perjalanan. Kesalahannya adalah mereka meminum susu setelah makan bubur, mungkin terjadi reaksi dalam perut ya tapi itu hanya dugaan saya saja belum tentu terbukti secara ilmiah. Sebanyak 24 orang terangkut dalam 2 mobil avanza,  banyak tragedi dan kisah penuh hikmah dibalik perjalanan ini.

 

Mulai dari bertemu korban tabrak lari, acara yang serba dadakan jadi terkesan semrawut, salah satu mobil terlambat kita kembalikan sehingga kami tidak enak karena sudah ingkar janji karena hanya menyewa setengah hari. Keterlambatan mengembalikan salah satu mobil dikarenakan teman saya nyasar jauh banget, yang seharusnya setengah jam sampai ini sampai 2 jam. Hadeuh benar-benar muka tembok, saya langsung minta maaf atas ketidak nyamanan ini.  Motor yang mau dibawa (ditinggal dirental mobil) sebelumnya habis dikerjain maling sehingga kunci tak bisa dimasukkan, jadi semakin menambah rentetan cerita menarik hari itu. Karena acara hari kamis ini dadakan persiapannya jadi memang saya akui kurang terencana dengan baik.

 

Awalnya sebenarnya saya tidak sepakat atas ide ini berpergian jauh setengah hari lebih, dengan pertimbangan akan kelelahan, kalau membawa anak-anak besoknya pasti sekolah dan hari jum’at lumayan banyak kerjaan yang harus diselesaikan karyawan. Muncul dari feeling ga baik saja kalau kamis pergi akan terjadi sesuatu yang buruk, ya tapi mengingat sudah disepakati karyawan dan saya kaum minoritas. Maka sesuai prinsip syuro saya harus menaatinya, teringat pelajaran perang uhud. Tapi yang terjadi adalah perlajaran terbaik dari Allah, tinggal bagaimana kita menilainya. “Seorang pemenang akan melihat kebaikan dari setiap keburukan,dan seorang pecundang akan selalu meihat keburukan dari setiap kebaikan”

 

Dengan kejadian ini saya bisa bercerita berdasarkan pengalaman yang saya alami. Tips bagi anda yang ingin meningkatkan kekompakan karyawan atau mengeratkan rasa kekeluargaan berikut saya sampaikan.

1. Buatlah rencana jauh-jauh hari kalau sehari pulang minimal H-5 keberangkatan, kalau menginap minimal H-8 keberangkatan untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan

2.Buatlah schedule mau melakukan apa saja dan sampai jam berapa, karena jika tidak disiplin akan merugikan banyak orang

3.Menentukan koordinator dan penanggung jawab saat hari H,mulai peserta, tour, konsumsi dan kepulangan

4.Jika membawa sopir siapkan juga cemilan dan konsumsinya

5.Pilihlah tempat yang sesuai dengan kantong, jangan sampai niatnya ingin senang-senang tapi malah menghamburkan uang.

 

Sedikit komentar saya tentang objek wisata puncakDrajat, tempat ini masih belum selesai dibangun tapi sudah menarik pengunjung yang banyak saat liburan. Tempat favorit adalah waterboomnya ada chumbucket, terowongan ekstrim sangat besar kolamnya, satu kolam anak-anak dan satu kolam dewasa. Sangking banyaknya pengunjung saung yang tersedia tidak mampu menampung pengunjung yang membludag, untungnya saya dan rombongan dapat temat pas dibawah luncuran air walupun agak ga nyaman. Selain kolam air ada tempat outbond dan kebun strawberry, saya sempat mencoba wahana outbond ada flying fox, berkuda, mobil(ga tau namanya) dan trampolin. Suasananya di puncak dengan landscape yang indah semakin memanjakan mata dan benar-benar melepaskan rasa penat.

 

Beberapa hasil jepretan foto dengan camera Hp Nokia C7 tidak terlau banyak, karena saya lebih fokus untuk menikmati suasana alam yang sejuk dan indah.

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.