Open House Melbourne University

Kemarin 5 maret 2013 tepatnya hari selasa jam 14.00 ada acara open house(OH) Melbourne Univ(MU) australia di hotel hilton bandung.

Sudah jauh-jauh hari registrasi ikut OH bahkan saya merekomendasikan informasi ini ke beberapa group dan teman yang sedang kuliah di ITB. “Sing penting wes ndaftar garek nunggu informasi ae nang email”, begitulah percakapan setelah mendaftar di web nya , search saja kawan future melbourne nanti pakdhe google bakal menjawab dengan deretan pilhan.

Sepertinya ga terlalu menarik ya kalau cerita sebelum hari H nya, baiklah-baiklah saya bisa tau pasti anda sudah tak sabar membaca cerita saya kan? hehe

Baiklah saya bisa memahami suara hati andašŸ™‚. H-1 dapat notifikasi di email intinya mengingatkan untuk hadir di OH, dalam hati menyeletuk “weleh masak dari pertama daftar baru dikasih notifnya H-1 pasti udah banyak yang lupa kalau mereka daftar”. Tapi segera positif thingking, ini kan universitas bergengsi pasti bakal rame disana. Acara dimulai pukul 14.00-18.00 di informasi webnya karena ada seminar presentasi dari 8 tema berbeda, termasuk how life in australia, jurusannya, system etc.

Di email notif dikasih tau juga alamat lengkapnya hotel hilton yaitu di jalan cokroaminoto no 6. Perasaan pernah tau dech dimana hotel hilton, tapi waktu di inget lagi ternyata otak kiri bagian memori ga mau ngasih jawaban. Walhasil tanya lagi ke pakdhe google maps, padahal sudah lebih dari 5 tahun ngulik kota bandung haha tetap saja terkadang saya lupa lokasi. Ketik hotel hilton bandung lalu muncul mapnya di geser kesana kemari, diperbesar di geser lagi nah ketemu juga ternyata dekat dengan stasiun kereta api. Pokoknya berangkat dulu nanti kalau udah deket-deket sana baru “tutuk kentongan” peribahasa yang saya ambil dari ibu. Tutuk kentongan itu adalah tanya ke orang, jadi kemanapun pergi kita tak usah khawatir tersesat banyak orang yang bisa kita jadikan peta.šŸ™‚

Intinya akhirnya ketemu cuman lewat depan setasiun bandung lurus mentok belok kiri dikit itu hilton ada disebelah kanan, parkir motor ada di basement 2. Sampai di parkir naik lift, loh ternyata tombol angka 3 nya ga bisa dipencet, paling banter tombol L, loh kenapa ini apa karena saya yang naik tib-tiba lift jadi rusak. Ah udah naik aja nanti bisa nyambung lift lain kalau udah sampai di L. Sampai di L keluar lift, dasar polosnya semua tombol ke atas di pencet berharap pintu lift ada yang terbuka, tapi kacau tak ada satupun yang terbuka. Liat ke belakang ada tangga, oh mungkin naik tangga aja. Keluar area lift.. eh ketemu pintu utama ternyata eh ternyata kita di cek dulu disitu,, hehe dasar pantesan lift ga mau naik, semua pengunjung harus lewat bapak security dulu. Baru inget juga hotel hilton ini kan hotel berkelas tentu keamanannya beda.

Ternyata di dalam ada lift lagi, mencetlah tombol 3 akhirnya nyampe juga. Langsung menuju ke sebuah hall yang terpasang X-Banner Melbourne University. Saya kira semuanya orang bule, ternyata ada orang indonesia juga. Sebernarnya saya penasaran mau tau, tapi disimpen dulu sepertinya ga penting untuk tau. Di depan ruangan ada meja registrasi, kebetulan saya udah daftar online jadi langsung masuk aja cek kedatangan ada di dalam, di stabilo warna hijau tandanya kalau datang. Ternyata banyak juga yang daftar online, karena di meja ada sekitar 20 lembar A4 berisi nama peserta. Saya kira udah rame, eh ternyata cuman ada 20 kursi di tengah dan meja-meja berderat melingkar di pinggir ruangan. Loh apa yang salah, di meja itu duduklah bule-bule dan x-banner bertuliskan departemen di MU. Haha ternyata kita disuruh konsultasi, binggung mau nanya apa akhirnya duduk aja dulu sambil baca schedule yang dikasih panitia.

Tiba-tiba bule ngampirin saya (wah jangan ngajak ngomong ya) lupa namanya ms siapa, intinya menanyakan saya mau konsultasi kemana? dan tertarik dengan program apa? spontan saya jawab business, langsung ditunjukin mejanya. Karena binggung mau nanya apa, alesan saya ” i waiting my friend:)”, padahal temen saya kemungkinan kecil dia ga datang karna dipanggil mendadak sama pembimbing thesisnya di ITB.

Clungak-clunguk sepi banget akhirnya memutuskan untuk ketempat seminar aja, eh pas pintu keluar di cegat panitia. Diminta tanya-tanya dulu seminarnya belum dimulai,, oh ya sudah akhirnya iseng2 nanya aja di bag Business and economics. Untungnya mbak bule yang jaga jadi lebih nyaman ngobrol, sekalian mau uji nyali dan english saya ni. Namanya Ms.Caitlin wright akhirnya kita ngobrol-ngobrol ternyata telinga dan mulut ini mau kerjasama jadi lancar no miss understanding. Lumayan ternyata english gue ga jelek-jelek banget lah, cuman ga terbiasa dipake aja. Habis ngobrol2 sama ms.caitlin dikasih dech dua buku Ā graduate course guide and 2013 graduate prospectus. Duduk lagi ke kursi ditengah ruangan, ga jadi ke tempat seminar. Dalam hati..gile ternyata jadi ketagihan pengen ngomong sama bule hehe. Hmm teringat titipan temen untuk tanya science, ehm tapi ada tulisan engineering and it, cobah ah tanya-tanya. Akhirnya ke meja ms.Dillian buat iseng-iseng nanya, ternyata welcome banget jadi dech kita ngobrol banyak. Di tanya kapan rencana mau lanjut, saya bilang “this years ms” dikasih tau intakenya kapan aja dan deadlinenya. Setelah selesai penjelasan program Engineering management and Master of information system, awalnya ga tertarik dengan jurusan eh setelah tau course sesuai minat jadi tertarik. hehe godaan.oh godaan… Baru tau di sana master bisa diselesaikan dalam satu tahun, dalam hati emang berkualitas gitu lulusannya. Setelah dilihatin course nya and system education jadi mikir dua kali. Widih keren bener ini MU master bisa diselesain satu tahun and kita diperbolehkan ambil dua master secara bersamaan. Wah..wah.. semakin tergoda.. Berharap saya dikasih souvenir sebagai kenang-kenangan akhirnya saya ladeni juga pertanyaan ms.dillian akhirnya saya dikasih kartu sebesar kartu perdana yang bagian bawahnya ada chip. Saya ga terlalu jelas mendengarnya itu buat apaan saya terima aja sambil senyam-senyum.

Yes..yes.. yatta.. saya bilang dalam hati, dapat sesuatu barang yang bisa mendorong semangat untuk mengunjunginya suatu saat, selain itu juga dikasih Ā engineering&it course guide. Saat saya mau menuju ke tempat seminar, ternyata pengunjung yang datang sedikit banget. Sangat jauh dari dugaan saya bakal rame, soalnya saya pernah ikut pameran dari SUN di hotel daerah ciamplas lupa nama hotelnya, itu rame banget dan pesertanya antusias. Lah ini univ keren di australia tapi yang datang sedikit bener, apa kurang publikasi atau ga ada notifikasi jauh-jauh hari.

Mungkin kalau pantianya full orang indo sepertinya akan tergambar raut kecewa di wajah mereka karena pengunjungnya hanya sedikit, bahkan saat saya masuk ruang seminar hanya ada 5 orang itu termasuk saya. Baru 15 menit kemudian masuklah 4 orang lagi. Saya penasaran menebak suasana hati mereka, ternyata sama sekali tak saya temui ekspresi kecewa. Sepertinya presentator dari MU ini sudah memahami dengan tabiat orang indo makanya tak ada raut kecewa, atau memang mereka sudah terdidik dengan kebudayaan yang berjiwa besar.

Asli saya sangat senang karena mereka sangat ramah hehe, atau saya yang cupu ya karna jarang ketemu bule, jadi baru ketemu sekali exciting banget. Aha..apapun itu never mind..

Akhirnya saya duduk manis mengikuti seminar dari jam setengah tiga sampai jam 5.15 keluar setelah sesi presentasi engineering&IT, di sesi terakhir ini saya dapat hadiah lagi karena bisa menjawab pertanyaan dengan cepat. Mau tau apa hadiahnya? sebuah benda berbentuk segitiga disetiap ujunganya memiliki warna berbeda hijau, kuning dan pink. Di depannya ada logo MU dan tulisan The university of melbourne, other side ada tulisannya juga #1 for Engineering & IT. Ga tau sebenarnya itu buat apa ya saya masukkin tas saja. Kalau di indo normalnya S1 diselesein dalam 4 tahun tapi di negara kangguru ini normalnya selesai dalam 3 tahun, ga terlalu banya belajar tapi fokus. Bayangkan kawan dalam satu tahun hanya belajar 8 mata kuliah, kalau saya di IT Telkom saja dalam 4 tahun kuliah bisa ngambil 60 mata kuliah (bukan sks ya) itu pun sudah 3 mata kuliah yang saya buang. Jadi kalau di ITT setahun bisa ngambil sekitar 15 mata kuliah, bisa dibilang dua kali lipatnya. Inilah kawan sistem pendidikan di LN, mereka fokus jadi dalam mempelajari sesuatu sehingga ahli walaupun dalam usia muda.

 

Indonesia.oh Indonesia sebenarnya kau sadar bahwa sistem pendidikan di negaramu penuh dengan kecacatan,, tapi kenapa kau biarkan saja,, Ya aku tau banyak pihak yang tak ingin Indonesia bangkit, karena bisa berbahaya bagi mereka. Sebab Indonesai memiliki jutaan potensi, ibarat membangunkan macan yang tidur.

Benar-benar saya terkesan dengan OH kemarin, smua informasi yang saya inginkan terjawab juga.

Kebanyakan kemarin pesertanya berwajah chinese Ā cuman saya dan beberapa orang yang asli wajah indo.šŸ˜€

Hmm australia ini harus masuk daftar list untuk di kunjungi. Terjadi dialog dalam diri saya sendiriPertanyaan adalah

M=”apakah saya memilih australia untuk melanjutkan study? negara yang menarik kan, deket juga dengan indo ”

H=”sebenarnya sepertiny enggak untuk tahun ini, Ā karena saya sudah punya pilihan sendiri negara yang lainnya”

M=”loh kalau udah punya pilihan ngapain capek-capek ikut OH segala?”

H=”Ya membuka wawasan aja, nanti bisa cerita ke teman sebagai referensi mereka untuk milih kuliah, bisa buat cerita ke aji (keponakan baru kelas 6 sd) untu memompa motivasinya sekolah di LN, habisnya aji sangat exciting kalau saya mulai cerita tentang sekolah ke LN atau kalau ketemu bule, soalnya aji udah saya racuni virus sekolah ke LN dan virus itu sudah mulai menyebar hehe, rencananya nanti SMA aji mau lanjut ke jepang, makanya sekarang aji getol ngajak ngobrol pake inggris dengan saya”

M=”ehmm bener ni ga mau kesana tahun ini?”

H=”yap, aku sudah mantap dengan pilihan negaraku, mungkin ke australia dalam rangka yang lainnya”

Begitulah dialog perdebatan yang terjadi dalam diri saya, terkadang seseorang merasa yakin dengan pilihannya setelah mengetahui bahwa apa yang dilihat matanya belum tentu sebaik dengan pilihan dalam hatinya. Terkadang untuk yakin dengan sebuah pilihan harus mencari referensi yang bertolak belakang, untuk mengetahui bahwa ternyata pilihan kita itu yang terbaik untuk kita.

Setelah sampe kost baru dibuka lagi penasaran dengan dua barang tadi, ternyata eh ternyata yang kartu itu adalah falshdisk 2GB dan segita itu stabilo tiga warna. Wah berungtungnya saya…alhamdulillah..

Capek-capek ikut OH MU atu OH PCMI bukan berarti saya benar-benar mau ikut, kecuali PCMI bisa dipertimbangkan untuk ikut masih masuk syaratlah. Cuman untuk membuka wawasan, bahwa dunia ini luas dan banyak pelajaran yang sudah Allah siapkan, maka sangat rugilah kalau selama hidup didunia ini tak bisa mengumpulkan hikmah kehidupan yang sudah Allah letakan di belahan negara lain. Kalau bisa menebarkan kebaikan di tempat lainnya yang masih belum tersentuh dengan keindahan islam bukankah itu sangat menantang kawan ?šŸ™‚ Bagaimana dengan pendapatmu, pasti setuju dengan pernyataan saya di atas?

*kamera lagi ga beres jadi barang-barang oleh2 OH kemarin lain kali insyaAllah saya post.

Sebenarnya ga niat mau nulis, karna lagi ngerjain sebuah marketing strategy. Rencananya mau rapat on line sambil nunggu teman install skype, buka wordpress tumben koneksinya lagi bersahabat sekalian saja kalau gitu posting.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

