Fast dan Molen Untuk Memberdayakan Industri Kecil

Tulisan ini menyambung dari rasa rindu saya dengan KAMMI ibarat rumah bagi ku.

 

Namanya Profesor Nelson Tansu, pria kelahiran Medan, dengan usianya yang masih sangat muda, telah menjadi profesor (ketika itu profesor termuda) di belantara akademika Amerika Serikat. Tidak tanggung-tanggung, dia guru besar di salah satu universitas ternama di negeri Paman Sam: Lehigh University, Pensylvania. Sejumlah hak paten atas penemuannya dalam bidang material semikonduktor dan superkonduktor yang terdaftar di Amerika ada digenggamannya.

Prestasi dan reputasi ini telah membuat banyak negara menginginkannya untuk menjadi warga negaranya. Bahkan beberapa negara maju secara langsung telah mengklaimnya sebagai berkewarganegaraan negara itu. Tapi Profesor Nelson tidak pernah melupakan dirinya sebagai orang Indonesia.

Namun ironisnya, di tengah rebutan negara-negara maju ini, negerinya sendiri seakan tidak terlalu peduli pada potensi besar yang dimilikinya. Ketika negara-negara maju ramai dan berebut untuk menjadikannya sebagai warga negaranya, negaranya sendiri seolah tak peduli. Ini adalah petunjuk jelas bahwa kita sesungguhnya tidak membutuhkan orang-orang yang luar biasa semacam Profesor Nelson. Padahal keahlian dan potensi yang dimilikinya sangat mungkin untuk dapat mengantarkan kita menjadi salah satu negara pelopor kemajuan teknologi. Tampaknya kita jauh lebih senang dengan predikat yang melekat pada kita sebagai negeri dengan konsumsi terbesar produk-produk teknologi ketimbang berupaya menjadi pelopor teknologi.

Tujuan Nasional Bangsa Indonesia Dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 – Kehendak Dalam Mengisi Kemerdekaan RI – PMP dan PPKN

1. Membentuk suatu pemerintahan Negara Republike Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

2. Memajukan kesejahteraan umum / bersama

3. Mencerdaskan kehidupan bangsa

4. Ikut berperan aktif dan ikut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia yang berlandaskan kemerdekaan, perdamaian abadi dan kedilan sosial.

Melihat kondisi Indonesia sekarang begitu mengiris hati.  Nilai pertumbuhan ekonomi tidak mengalami pertumbuhan signifikan, bisa dibilang hanya diam di tempat lalu turun. Kondisi ini diperburuk dengan dibukanya pasar bebas, dimana barang-barang bisa masuk ke Indonesia dengan mudah dan murah. Bagi kondisi ekonomi di Negara Indonesia yang masih berusaha berjalan menemukan pegangan yang tepat, kondisi pasar bebas banyak memberikan dampak negative. Diantara dampak negatifnya yaitu(sebutkan damapk negative persaingan bebas)

Dalam situs bappenas dijelaskan bahwa “untuk mencapai kemakmuran itu salah satu cara adalah dengan mewujudkan tingkat produktivitas yang tinggi yang terus meningkat di seluruh bidang ekonomi.  Suatu ekonomi yang produktif dapat membayar upah yang tinggi kepada pekerjanya; sebaliknya suatu ekonomi yang tidak produktif hanya dapat memberikan upah yang rendah.  Ekonomi yang produktif menghasilkan keuntungan yang tinggi pada modal yang diinvestasikan dalam  aktivitas bisnisnya; sebaliknya ekonomi yang tidak produktif hanya memberikan keuntungan yang rendah.” Penjelasn ini

Menunjukkan  jika Indonesia ingin bangkit dari segi perekonomian, maka pemerintah harus memberikan perhatian lebih terhadap sector Industri kecil dan menengah.

Hanya saja pemerintahan lebih sibuk untuk melakukan pencitraan daripada melakukan realisasi. Sungguh kondisi yang ironis, jika terus menunggu pemerintahan bergerak akan butuh waktu 10 tahun lagi untuk menyelesaikannya dan saat itu negeri ini tinggal nama sejarah mencatat dulu pernah ada Negara yang bernama Indonesia.

Untuk genersi muda yang merindukan kejayaan di Indonesia terwujud tentu akan berusaha mencari solusinya. Sebagi karya untuk Indonesia, saya akan menawarkan konsep pembangunan industry kecil dan menengah melalui KUD(Koperasi Unit Desa)

Dalam hadist dijelaskan keunggulan orang berbisnis bahwa 19 pintu surge terbuka dari bisnis(lupa sumbernya).  Sektor industry kecil dan menengah memiliki peluang yang besar sebagi pendukung roda ekonomi, hanya saja kurang perhatiannya pemerintahan terhadap sector ini mengakibatkan industry strategis gulung tikar.  Beberapa industry kecil yang terpaksa gulung tikar seperti. Sebagai contoh untuk daerah cilacap  menurut www.metrotvnews.com

“Anggota APIK yang bergerak di bidang furnitur mencapai 2.500 unit usaha, 30 persennya telah gulung tikar. Anggota APIK seluruhnya ada sekitar 6.500 unit usaha, baik makanan, kerajinan, dan furnitur,” kata Ketua APIK Kabupaten Cilacap Sumarno di Cilacap, Senin (2/8).

Menurut dia, saat ini masih ada sekitar 1.750 industri furnitur di Kabupaten Cilacap yang berupaya untuk bertahan.

Ini baru pada satu sector bidang furniture di satu daerah, dan masih banyak lagi  industry yang gulung tikar didaerah lainnya.

Salah satu aspek pentig pendukung kesuksesan berbisnis adalah dari marketingnya. Marketing memiliki porsi yang besar dalam mengenalkan dan meraih segment yang di inginkan. Seperti perusahaan besar menggunakan minimal 80% anggarannya untuk biaya marketing. Hanya saja itu bisa memberatkan kondisi keuangan industry kecil. Diperlukan sebuah solusi lain yang bisa memberikan efek marketing yang besar dengan cost kecil.

Saya akan mengenalkan konsep FAST marketing. Sebuah metode yang diambil dari sifat-sifat Rasulullah, FAST kepanjangannya adalah Fatonah, Amanah, Shidiq, Tablig.

Dalam proses implementasinya sebgai berikut:

>>>>Shidiq

Artinya jujur, penjabarannya adalah pengusaha memiliki sikap jujur dalam melakukan proses bisnis. Proses bisnis ini dimulai dari awal pembentukan produk hingga akhir proses marketing. Sifat shidiq ini harus dimiliki seorang pengusaha sukses, agar kualitas produk yang dihasilkan mampu memenuhi keinginan konsumen.

>>>>Amanah

Artinya dapat dipercaya, dalam implementasinya pengusaha dapat menjaga kepecayaan dari supplier, data pembeli, proses transaksi dan kualitas barang. Seperti berani memberikan garansi ika pelanggan tidak puas dengan pelayanan yang diberikan.

>>>>Fathonah

Artinya cerdas, cerdas disini bisa dipaparkan dalam beberapa hal

Mampu membaca kondisi pasar serta membuat formulasi produk

Mampu membaca strategi marketing competitor serta bisa menentukan strategi untuk menyainginya

Kemampuan ketepatan dalam membidik segment

Mampu memformulasikan korelasi yang tepat antara produk dan segmentasi

Pemilihan chanel distribusi

Ketepatan menggunakan marketing mix(5P untuk produk, 7P untuk jasa, 9 P untuk go internasional)

Cerdas bersikap ketika mendapatkan hasil penjualan yang berfluktuatif dan dikembalikan kepada Allah, karena semua ini adalah nikmatnya

“Dan Kami coba kalian dengan keburukan dan kebaikan, (semuanya) sebagai ujian.” (Al-Anbiya: 35)

‘Wahai para rasul, makanlah dari yang baik dan beramal salehlah karena sessungguhnya Aku mengetahui apa yang kamlian lakukan’. Dia juga berfirman, ‘Wahai orang-orang yang beriman makanlah yang baik dari yang Kami rezekikan kepada kalian’.” Lalu Rasulullah saw. menerangkan tentang orang yang mengadakan perjalanan panjang, kusut masai dan berdebu. Ia mengadakahkan kedua tangannya (berdoa) ke langit (sambil mengatakan): Ya Rabbi, ya Rabbi, sementara makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan diberi makan dari yang haram, bagaimana doanya akan dikabulkan.” (Muslim)

Bersikap/berakhlaq mulia ketika menghadapi konsumen dan pegawai

Mampu memaknai usaha yang dilakukan merupakan investasi di Akhirat.

>>>>Tabligh

Artinya dapat menyampaikan, untuk menjaga kualitas produk kadang kita perlu menyampaikan segala informasi kepada pelanggan tentang produk tersebut tanpa harus berbohong.

Fast merupakan integrasi sikap dan modal dasar bagi semua pengusaha jika menginginkan kesuksesan yang sesungguhnya. Bukan hanya uang yan didapatkan, namun kenikmatan hati juga diraih.

Diatas telah dijelaskan bahwa marketing menempati minimal 80% dari anggaran keuangan.  Fenomena yang terjadi sekarang akibat dari berkembangnya dunia teknologi, penggunaan internet sebagai media marketing(marketing online).

Kelemahan mempromosikan produk melalui internet yaitu

  1. Proses yang rumit, artinya langkah-langkah yang di ikuti begitu panjang dan terkdang tidak diperlukan ketika proses transaksi terjadi.
  2. Mekanisme pembayaran melalui bank konvensional
  3. Mayoritas tidak menyediakan after sales service

Jumlah UKM di Indonesia sangat banyak  dan hanya sebesar 10% yang mampu bertahan hingga sekarang.(www.indonesia.go.id Matinya beberapa ukm akan memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian bangsa. Dalam buku fiqih kemenangan dan kejayaan disebutkan tiga pilar kejayaan sebuah negeri  dimulai dari ekonomi, media massa dan ilmu. Salah satunya sector ekonomi, jika dikelola dengan baik maka itu akan menjadi salah satu fondasi kuat dalam mewujudkan tujuan berdirinya Negara Indonesia.

Masalah yang dihadapi oleh pelaku industry kecil dan menengah adalah kesulitan dalam memasarkan produknya. Hal ini terjadi dikarenakan

  1. Terbenturnya dengan infrastruktur komponen pembangun bisnis tersebut
  2. Keahlian SDM yang minim
  3. Dukungan materi pemeritntah yang tidak merata
  4. Regulasi pemerintah(UU Industri, pelancaran modal)

Keempat hal diatas menjadi point penting untuk mendorong kesuksesan marketing. Sebagai solusinya kita akan memaksimalkan fasilitas yang diberikan oleh pemerintahan. Lembaga yang dekat dengan kondisi industry kecil adalah KUD(Koperasi Unit Desa), karena posisinya berada pada setiap desa. Karena KUD ini milik pemerintahan dan hampir disetiap desa memilikinya, ini akan mempermudah jaringan dalam melaksanakan misi peningkatan marketing.

*******Tentang Koperasi Unit Desa

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 1992 tentang Koperasi, mengatakan bahwa KOPERASI adalah badan usaha dari orang atau badan hukum koperasi dengan kegiatan berdasarkan prinsip-prinsip koperasi serta pergerakan ekonomi masyarakat, berdasarkan asas kekeluargaan

Peran KUD dalam menyukseskan marketing industry kecil

1.Penyedia akses sarana

Untuk membantu mengelola marketing industry kecil di daerah area cakupannya. Peralatan yang disediakan adalah computer dan koneksi internet(bisa menggunakan speeady atau koneksi wireless). Ada perbedaan kondisi area akan mempengaruhi system pembagian pengelolaannya. Untuk area dengan geografis strategis satu KUD bisa mengelola industry kecil di desanya saja, jika kondisi tidak memungkinkan maka satu KUD bisa mencakup beberapa desa. Pertimbangan ini berdasarkan kemudahan koordinasi hasil industry kecil dan mampu menekan pembiyaan transportasi.

Jika dibandingkan dengan income yang didapatkan keuntungan laba yang maksimal. Dengan dana investasi awal sekitar lima juta sudah bisa mendapatkan satu paket computer dengan koneksi internetnyaa. Dengan biaya rutin perbulan sekitar 150 ribu untuk pembayaran koneksi internet.

Keuntungannya:

ü  KUD akan mendapatkan income dari menyediakan jasa layanan marketing online

ü  Menghidupkan kembali kegiatan di KUD dan memaksimalkan perannya

ü  Mengurangi tingkat pengangguran

ü  Mengurangi biaya transportasi yang akan berefek pada harga jual yang murah.

ü  Penghematan biaya marketing sebesar 50% dari anggarannya(data kelebihan menggunakan layanan online)

  1. Membantu proses perencanaan marketing

Untuk membantu proses perencanaan marketing, hal ini diperlukan SDM pendukung

ü  Ahli Informasi dan Technologi

Mereka akan membuat desain tampilan web sebagai media promosinya. Serta mengatur segala sesuatunya                      hingga tersembung ke internet dan bisa di akses dari luar.

ü  Ahli marketing dan perencanaan produksi

Dalam proses ini KUD diharapkan bekerja sama dengan bank syariah, keuntungan memilih bank syariah                          sebagai mitra transaksi adalah:

  1. Sistem bagi hasil yang sama-sama menguntungkan
  2. Uang yang diterima jauh dari ribawi

Tepatnya ketika Allah Subhannahu wa Ta’ala memberikan mukjizat kepada hamba dan kekasihNya, Nabi Muhammad Shalallaahu alaihi wasalam berupa Isra’ Mi’raj, pada saat itu pula Allah Ta’ala perlihatkan berbagai kejadian kepada beliau yang kelak akan memimpin jaga raya ini. Di antaranya Rasulullah n melihat adanya beberapa orang yang tengah disiksa di Neraka, perut mereka besar bagaikan rumah yang sebelumnya tidak pernah disaksikan Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam. Kemudian Allah Ta’ala tempatkan orang-orang tersebut di sebuah jalan yang tengah dilalui kaumnya Fir’aun yang mereka adalah golongan paling berat menerima siksa dan adzab Allah di hari Kiamat. Para pengikut Fir’aun ini melintasi orang-orang yang sedang disiksa api dalam Neraka tadi. Melintas bagaikan kumpulan onta yang sangat kehausan, menginjak orang-orang tersebut yang tidak mampu bergerak dan pindah dari tempatnya disebabkan perutnya yang sangat besar seperti rumah. Akhirnya Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bertanya kepada malaikat Jibril yang menyertainya, “Wahai Jibril, siapakah orang-orang yang diinjak-injak tadi?” Jibril menjawab, “Mereka itulah orang-orang yang makan harta riba.” (lihat Sirah Nabawiyah, Ibnu Hisyam, 2/252).

“Orang-orang yang memakan (mengambil) riba tidak dapat berdiri kecuali seperti berdirinya orang yang kemasukan syetan lantaran tekanan penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat): Sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba”. (QS. Al-Baqarah: 275).

  1. Lembaga penyedia layanan proses

Perencanaan ini dimulai dari

  1. Usaha yang dibangun
  2. Pembuatan marketing plan
  3. Penentuan potensi Industri

Pelaksanaannya

  1. Mengontrol proses
  2. Menilai dan mengevalusai hasil produksi, income, kecacatan dan kelemahan dll.
  3. Membantu mengarahkan memperbaiki proses bisnisnya. Dengan berbagi metode seperti Business Process Improvement(BPI), Redesign, Reengeneering dll. Tujuan perbaikan ini untuk memaksimasi keuntungan dan mengetahui kelemahan dari proses, produk atau pelayanan. Menggunakan feedback untuk mengetahui produk yang di inginkan konsumen.

Prosesnya akan diberikan pembinaan terhadap perilaku dari owner bisnis. Hal ini sangat penting, karena sikap kita akan mempengarui kesuksesan berbisnis.

Jika pemahaman ini dibangun secara integral, mka kesuksesan yang sesungguhnya akan dicapai. Bukan hanya sukses dunia tapi pradigma berfikirnya untuk investasi akhirat.

 

Selain menerapkan konsep teknologi dalam system marketing, yang terpenting adalah membangun sikap berbisnis. Hal terpenting adalah mengarahkan kepribadian atas dasar niali-nilai islam, agar terbina entreupeneur yang unggul.

 

Berikut Gambaran system MOLEN( Marketing On Line bagi industry kecil)

Pondok Madani, lembang 16-10-2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s