Belajar dari bapak penjual siomay

aat mengisi acara outbond LKOL hari ahad kemarin ada satu kejadian menarik sehingga saya harus menuliskannya.

Kisah tukang siomay yang gigih.

Hari menjelang dhuhur ini adalah pos terakhir dalam rangkaian outbond oleh QLT(Quantum Leadership Training). Jumlah peserta sekitar 40 an dengan berbagai gender. Pos terakhir yang memadukan knowledge management, strategi, komunikasi dan kepemimpinan yang bagus.

Namun apa ya hubungannya antara outbond dengan tukang siomay hehehe.

Begini ceritanya, peserta diminta untuk mengisi amunisi dengan air. Ada yang memilih basecamp di dekat pintu masuk ada juga memilih basecamp didekat semak-semak.

Semuanya sibuk mempersiapkan amunisi untuk memenangkan pertandingan di pos terakhir. Di sela-sela kesibukan mereka mengisi amunisi ternyata bapak penjual siomay berdiri didekat mereka dan mengamati apa yang mereka lakukan(Mungkin bapak ini berfikir “ini anak-anak pada ga pernah main di sungai apa ya, lagi ngapain sech mereka kayak orang kurang kerjaan hehe).

Saya juga ikut mengamati walau dari jarak tak begitu jauh, lama juga bapak siomay ini berdiri untuk mengamati mereka dengan kerutan wajah binggung. Setelah beberapa lama ternyata bapak siomay bertanya ke peserta “lagi ngapain dik kog berendam di sungai” jawab peserta “ini pak lagi ngisi amunisi” kata bapak siomay “oh kalau gitu ada amunisi yang lebih tok cer untuk memaksimalkan amunisi yang adik buat” peserta jadi bingung”emang amunisi apa pak” jawab bapak sioamay”ya amunisi perut sioamay yang bapak jual” hehehehe

Walhasil karena kesabaran bapak tadi mengamati keanehan yang mereka lakukan, akhirnya satu persatu peserta membeli sioamy. Efeknya sekitar 20-30 peserta juga ikut-ikutan beli.

Perlu kesabaran untuk mendapatkan apa yang kita targetkan, proses mengamati dan menganalisis juga sangat perlu.

Walaupun dari tukang siomay kita bisa mengambil hikmah.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s