ORANG YANG SEDIKIT

Banyak orang bersemangat ketika mengutarakan gagasan-gagasannya di dunia maya. Bahkan bisa sampai berpuluh-puluh ide dia lontarkan, namun sangat disayangkan hanya sedikit yang mau berusaha untuk merealisasikannya dalam amal yang nyata. Kalau diminta merealisasikannya terbatuk-batuk menyebutkan alasan ini dan itu. Kalaupun kau tau saudaramu yang sedikit itu sering menitik kan air mata dalam sujud panjangnya atau dalam kesendiriannya mengingat amanah yang dipukul sungguh berat, ingin meninggalkan salah satu tapi tidak ada orang yang bersedia menggantinya. Betapa sedikit orang yang benar-benar rela menyerahkan hidup nya untuk islam untuk dakwah dan untuk ilahi. Betapa sedikit orang-orang yang terus memperbaharui niatnya untuk mengarungi jalan panjang ini, karena dia tau niat sangat mudah dicemari oleh dorongan nafsu. Betapa sedikit orang yang dalam tumpukan amanah tetap optimis bisa menyelesaikannya dengan maksimal, bisa menjalankannya tanpa mendzolimi saudaranya, bisa menjaga benteng hatinya walaupun godaan selalu menghadang dan akan semakin sering menerma, bisa tegar menerima ujian seberat apapun dan tetap tawadhu menerima nikmat sebanyak apapun.

 

 

Wahai orang yang sedikit ……..

terus tancapkan keyakinan dalam hatimu, selalu kuatkan tekadmu, perbaharui niatmu dan tingkatkan ibadahmu. Tidak ada kekuatan yang mampu menolongmu kecuali dari Allah SWT, walupun menurutmu itu tidak mungkin dilakukan tapi bagi Allah tidak ada yang tidak mungkin.

 

 

Wahai orang-orang yang sedikit…………

hatimu pasti teriris perih, gelora dalam dadamu pasti membuncak tinggi meluapkan segala semangat perjuanganmu. Ketika kau sadari bahwa negeri ini sudah terkoyak disana sini, negeri ini sudah jauh lebih barat dari pada negeri barat, negeri ini masih di dominasi orang-orang yang tidak mengenal Allah. Maka geloramu menggerakkan semua potensimu untuk terus memberikan perbaikan. Walaupun bagimu itu usaha yang kecil, tapi jika semua melakukan hal yang kecil bukan tak mungkin rezim kedzoliman akan mampu kita tumbangkan. Kecil, sedikit tapi istiqomah itu yang akan berakumulasi menjadi kekuatan besar. Kau sangat menyadari negeri ini memiliki potensi yang luar biasa dibandingkan negara lainnya, budaya paling beragam, kekayaan alam melimpah, komposisi wilayah antara darat dan laut, penghasil rempah-rempah, penduduknya ramah dan tentu mayoritas penduduknya beragama islam. Bukankah ini yang harus kita kelola bersama?.

 

 

Wahai orang yang sedikit……….

untuk mewujudkan islam sebagai pemegan peradaban, dibutuhkan kerja-kerja besar dalam bingkai kebersamaan. Bukan hanya dalam kebersamaan, tapi ukhuwah dan pancaran nilai islam dalam dirimu menjadi senjata kita bersama. Tidak cukup juga dengan hal itu masih dibutuhkan orang-orang yang bersungguh-sungguh dalam ilmu pengetahuan. Kalau kita mengingat sejarah umat islam begitu banyak umat muslim yang menguasi keilmuannya sehingga menghasilkan karya-karya luar biasa serta menjadi rujukan hingga sekarang.

 

 

Wahai orang yang sedikit…………

yang perlu kau berkecil hati jika kau merasa  ilmu mu tak seberapa, jika amalmu tak sebanyak ilmumu, jika banyak kelemahan dalam dirimu.  Mintalah kepada Allah agar kau dimasukkan kedalam golongan orang-orang beruntung “hari ini lebih baik dari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini”. Teruskan kerja-kerja mu, selesaikan apa yang kau mulai dan wariskan itu kepada generasi dibawah kita karena mereka akan meneruskan perjuangan kita. Teruslah berkarya hingga jantung tak lagi berdenyut dan hingga dua malaikat menjemput kita untuk mengakhiri episode didunia.

 

 

Wahai orang yang sedikit………….

bertahanlah karena akan ada orang lain yang juga ikut bertahan dalam jalan ini. Lupakanlah keburukan saudaramu walaupun dia pernah menyakitimu karena masih banyak saudara kita yang jauh lebih tersakiti tapi dia bisa melupakannya. Tegurlah saudaramu jika dia melanggar rambu-rambu jalan dakwah karena manusia tempat salah dan khilaf walupun dia sekaliber ustadz. Kuatkanlah saudaramu dalam doa-doamu dan bantulah dia tanpa  dia meminta pertolongan kepadamu.

 

 

Wahai orang yang sedikit…………..

berbagilah karena dengan berbagi Allah akan menambahkan rezeki yang lebih besar lagi, berbagilah hikmh kehidupan, berbagilah  dengan rezeki yang ALLAH titipinkan padamu, berbagilah pemikiranmu untuk menyelesaikan sebuah permasalahan, berbagilah karena ALLAH bukan karena pujian manusia. Karena kita tidak bisa berjuang sendirian maka bergabunglah dengan mereka yang terus mengarungi jalan ini. Teruslah bersamanya hingga sampai di pintu SyurgNya.

 

 

Wahai orang yang sedikit……….

lakukanlah apa yang bisa kamu lakukan dan segeralah bergerak untuk menuntaskannya sungguh saudaramu telah menunggumu diluar sana.

 

 

Wahai orang yang sedikit……..

kontribusi yang kau hasilkan lebih banyak daripada aku, maka izinkanlah aku juga memberikan kontribusiku lewat tulisan in(Membagi sedikit hikmah yang Allah titipkan).

.

Wallahu’alam bishowab

 

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s