Robot Canggih Ibn Sina Bepergian Naik Pesawat

Dubai – Para penumpang pesawat Emirates Airlines jurusan Dubai – Riyadh, Arab Saudi baru-baru ini mendapat teman istimewa. Istimewa karena sang teman bukanlah manusia melainkan sebuah robot canggih bernama Ibn Sina.

Ibn Sina adalah robot besutan ilmuwan di Uni Emirat Arab dan disebut-sebut sebagai salah satu robot humanoid paling canggih di dunia. Ia bisa mengenali wajah serta mampu berbicara dalam bahasa Arab dengan manusia.

Didampingi salah satu pembuatnya, Dr Nikolaos Mavridis yang adalah asisten profesor di United Arab Emirates University College of Information Technology, sang robot menikmati penerbangan sebagai penumpang kelas satu.

Terang saja kehadiran si robot membuat penumpang pesawat terkejut sekaligus senang. Bentuk Ibn Sina yang mirip manusia membuatnya tampak seperti penumpang biasa meski harus dituntun dengan kursi roda. Ibn Sina terbang ke Arab Saudi untuk menghadiri sebuah pameran pendidikan.

Seperti dikutip detiINET dari DailyMail, Rabu (10/2/2010), pihak Emirates mengaku bangga bisa membawa Ibn Sina. Bahkan di masa depan, bukan tidak mungkin robot ini akan kian sering jadi penumpang pesawatnya. ( fyk / ash )

Fino Yurio Kristo – detikinet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s